Hari Sumpah Pemuda 2023 “KITA BEDA KITA BERSAUDARA”

Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani
Bagikan Postingan

Hari Sumpah Pemuda, yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, adalah momen penting dalam sejarah Indonesia yang menandai semangat persatuan dan kesatuan. Pada tahun 2023, peringatan Hari Sumpah Pemuda mengusung tema “KITA BEDA KITA BERSAUDARA.” Acara ini di selenggarakan dengan penuh semangat di Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan Malang.

Hari Sumpah Pemuda adalah hari bersejarah yang memperingati Sumpah Pemuda yang diucapkan pada 28 Oktober 1928 di Jakarta. Pada saat itu, pemuda dari berbagai etnis dan latar belakang berkumpul dan bersumpah untuk bersatu demi kemerdekaan Indonesia. Sumpah tersebut menegaskan persatuan dan kesatuan di antara pemuda Indonesia, meskipun mereka berasal dari berbagai etnis dan budaya yang berbeda.

Makna Hari Sumpah Pemuda adalah semangat persatuan dan kesatuan dalam keragaman, serta tekad untuk bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hari ini, peringatan tersebut memicu semangat persaudaraan dan penghormatan terhadap perbedaan sebagai bagian integral dari kekayaan bangsa.

Tema “KITA BEDA KITA BERSAUDARA” yang diusung oleh Hari Sumpah Pemuda 2023 menekankan pentingnya keragaman sebagai kekuatan. Hal ini mengingatkan kita bahwa meskipun kita memiliki latar belakang yang berbeda, kita semua adalah bagian dari satu bangsa yang besar. Tema ini mempromosikan inklusivitas, keragaman, dan persatuan dalam masyarakat.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 di Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan Malang menjadi sebuah acara yang istimewa. Bapa Uskup Mgr. Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm., POLRI, TNI, dan berbagai elemen masyarakat hadir dalam acara ini. Selain itu, para anak muda dari berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia turut serta meramaikan acara ini.

Bapa Uskup Mgr. Prof. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm., merupakan salah satu tokoh yang memainkan peran kunci dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023. Beliau memberikan pidato inspiratif yang menekankan pentingnya persatuan di tengah keberagaman. Pidato Bapa Uskup merangsang semangat persaudaraan di antara anak muda yang hadir, menekankan bahwa bersatu dalam perbedaan adalah salah satu kunci kesuksesan bangsa.

Dalam semangat kebersamaan, Hari Sumpah Pemuda 2023 juga melibatkan kehadiran aparat keamanan POLRI dan TNI. Kehadiran mereka adalah simbol dukungan dan komitmen untuk menjaga persatuan dan keamanan di Indonesia. Mereka berdiri bersama dengan anak muda dan masyarakat dalam merayakan hari bersejarah ini.

Anak muda adalah pilar penting dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. Mereka adalah generasi penerus yang diharapkan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan. Melalui partisipasi mereka dalam acara ini, anak muda mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya berkontribusi untuk memajukan bangsa.

Anak muda dari berbagai suku dan budaya berkumpul untuk merayakan perbedaan mereka. Mereka berpartisipasi dalam pertunjukan seni, pameran budaya, dan berbagai aktivitas yang mempromosikan persatuan dalam keberagaman.

Tema “KITA BEDA KITA BERSAUDARA” tidak hanya menjadi semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda, tetapi juga pesan yang relevan untuk kehidupan sehari-hari. Tema ini mengajarkan kita untuk saling menghormati, memahami, dan bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau budaya. Ini adalah panggilan untuk membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan harmonis.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 dengan tema “KITA BEDA KITA BERSAUDARA” adalah momen penting untuk merayakan persatuan dalam keberagaman. Melalui partisipasi Bapa Uskup, POLRI, TNI, dan terutama anak muda, acara ini memancarkan semangat persaudaraan yang merupakan inti dari Sumpah Pemuda. Pesan dari peringatan ini adalah bahwa dalam keberagaman, kita bisa bersatu, dan bersama-sama, kita bisa membangun masa depan yang lebih baik untuk Indonesia.

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

image
parokiblimbing.org

parokiblimbing

Digital Pastoral

  • Lensa Paroki

    Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani

  • Katekese

    Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani

  • Komunitas

    Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani

Legal

© 2024. Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani.