Hari Pangan Sedunia 2023: Pertanian Penyedia Pangan Bagi Semua

Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani
Bagikan Postingan

Hari Pangan Sedunia merupakan acara yang luar biasa yang diadakan pada tanggal 14 dan 15 Oktober 2023 di Gereja Katolik Paroki Maria Bintang Samudera Situbondo. Dengan tema “Pertanian Penyedia Pangan Bagi Semua,” acara ini menjadi panggung bagi perayaan dan refleksi tentang pentingnya pertanian dan ketahanan pangan dalam kehidupan sehari-hari.

Hari Pangan Sedunia adalah perayaan tahunan yang diprakarsai oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah pangan global dan merayakan pencapaian di bidang pertanian dan ketahanan pangan. Tema Hari Pangan Sedunia 2023 dari¬†Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO)¬†“Water is Life, Water is Food” menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air bagi produksi pangan dan ketahanan pangan.

Gereja Katolik selalu aktif dalam mendukung kegiatan yang mempromosikan kesejahteraan sosial dan lingkungan. Dalam konteks Hari Pangan Sedunia, Gereja Katolik terlibat dalam berbagai kegiatan yang memajukan ketahanan pangan dan mengatasi masalah kelaparan.

Gereja Katolik Paroki Maria Bintang Samudera Situbondo telah memainkan peran yang signifikan dalam merayakan Hari Pangan Sedunia 2023. Dalam kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, Gereja mengorganisir berbagai acara yang mempromosikan pertanian berkelanjutan, keamanan pangan, dan pendekatan lokal dalam memerangi kelaparan.

Hari Pangan Sedunia memiliki beberapa tujuan utama:

Meningkatkan Kesadaran
Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah ketahanan pangan, kelaparan, dan gizi buruk yang masih dihadapi oleh sebagian besar dunia.

Merayakan Prestasi
Hari Pangan Sedunia adalah saat untuk merayakan pencapaian dalam bidang pertanian, perikanan, dan sektor pangan lainnya. Ini termasuk pencapaian dalam pertanian berkelanjutan, inovasi teknologi, dan ketahanan pangan.

Promosi Aksi Nyata
Hari Pangan Sedunia juga berfungsi sebagai panggung untuk mempromosikan tindakan nyata dalam mengatasi kelaparan dan masalah pangan. Ini termasuk kampanye penggalangan dana, kegiatan kemanusiaan, dan program bantuan pangan.

Menyuarakan Isu Pangan Global
Acara ini adalah platform untuk menyuarakan isu-isu pangan global kepada publik, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Hari Pangan Sedunia 2023 di Gereja Katolik Paroki Maria Bintang Samudera Situbondo mencakup berbagai kegiatan yang mencerminkan tujuan tersebut. Beberapa kegiatan utama termasuk:

Misa Khusus
Misa ini adalah ungkapan syukur atas anugerah pangan dan kesadaran akan tanggung jawab kita dalam membaginya.

Diskusi dan Seminar
Acara ini juga mencakup diskusi dan seminar tentang ketahanan pangan, pertanian berkelanjutan, dan inovasi di sektor pertanian. Para ahli dan praktisi pertanian berbagi pengetahuan mereka untuk mendorong pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini.

Pameran Pertanian
Pameran pertanian lokal memberikan petani dan produsen pangan kesempatan untuk memamerkan produk mereka. Ini juga menciptakan hubungan langsung antara produsen dan konsumen.

Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah
Pemerintah daerah Situbondo turut serta dalam acara ini. Mereka mendukung berbagai inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Hari Pangan Sedunia memperkuat pentingnya ketahanan pangan dalam menghadapi tantangan global. Ketahanan pangan adalah kemampuan suatu negara atau komunitas untuk menyediakan akses pangan yang cukup, aman, dan bergizi bagi semua orang, tanpa mengorbankan masa depan ekologis dan sosial. Dalam konteks global, masalah ketahanan pangan mencakup pertanian berkelanjutan, pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana, dan keadilan sosial dalam distribusi pangan.

Hari Pangan Sedunia menjadi wahana penting dalam memperkuat kesadaran akan isu-isu ketahanan pangan dan memberikan panggung bagi aksi nyata untuk mengatasi masalah ini. Dengan keterlibatan pemerintah daerah dan komunitas agama, acara ini menunjukkan semangat kolaborasi untuk mencapai ketersediaan pangan bagi semua.

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *