Lomba Menggambar dan Mewarna Anak SEKAMI A

Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani
Bagikan Postingan

Gedung Aula Serba Guna Hua Ind menjadi saksi dari potensi dan kreativitas anak-anak SEKAMI A saat mereka berpartisipasi dalam Lomba Menggambar dam Mewarna yang diadakan pada tanggal 28 September 2023. Acara ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan dalam Bulan Kitab Suci Nasional.

Acara ini menarik perhatian anak-anak SEKAMI A dari berbagai usia dan tingkat. Lomba ini memberikan platform yang sempurna bagi mereka untuk mengekspresikan diri melalui seni. Anak-anak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan visi mereka tentang cerita-cerita Kitab Suci yang mereka pelajari melalui gambar dan warna. Ini adalah peluang unik bagi mereka untuk menggali potensi kreatif mereka sambil mendalami makna-makna dalam Kitab Suci.

Peserta diberi kebebasan untuk memilih kisah atau tema dari Kitab Suci yang ingin mereka gambar atau warnai. Beberapa memilih kisah tentang Yesus dan murid-murid-Nya, sementara yang lain memilih kisah-kisah Perjanjian Lama seperti kisah Nuh, Daud dan Goliat, atau kisah tentang Yusuf. Setiap karya seni memancarkan keragaman bakat dan imajinasi anak-anak.

Selain menjadi kompetisi seni yang seru, Lomba Menggambar & Mewarna ini juga bertujuan untuk mendalami Kitab Suci. Sebelum acara dimulai, anak-anak diajak untuk memahami kisah yang akan mereka gambar dan warnai. Ini melibatkan pembacaan bersama, diskusi, dan refleksi tentang pesan-pesan dalam cerita tersebut. Pendalaman Kitab Suci ini menjadi landasan bagi anak-anak untuk mengekspresikan pemahaman mereka melalui seni.

Setiap karya seni menjadi lebih dari sekadar gambar dan warna; mereka adalah interpretasi visual dari pesan-pesan Kitab Suci. Anak-anak menunjukkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai seperti kasih, keadilan, iman, dan keberanian melalui karya-karya ini. Ini adalah cara yang unik dan berkesan untuk membantu mereka terhubung dengan Kitab Suci secara mendalam.

Para peserta diberi waktu yang cukup untuk menyelesaikan karya seni mereka. Mereka menerima bimbingan dan dorongan dari para pendidik dan pengelola acara yang ingin melihat potensi kreatif mereka terwujud dengan baik. Setiap peserta juga dapat berkolaborasi dengan teman-teman mereka, berbagi ide, dan memahami perspektif berbeda tentang cerita-cerita Kitab Suci.

Anak-anak mengekspresikan kebahagiaan mereka dalam berkarya, dan banyak dari mereka merasa terinspirasi oleh kisah-kisah Kitab Suci yang mereka pelajari di SEKAMI A. Mereka mengalami proses kreatif yang mendalam dan berharga, yang melibatkan refleksi dan pemikiran kritis tentang makna cerita-cerita tersebut.

Lomba ini ditutup dengan sesi penjurian yang diselenggarakan oleh para juri yang berpengalaman di bidang seni dan pendidikan agama. Mereka menilai setiap karya berdasarkan kriteria tertentu, seperti orisinalitas, ekspresi pemahaman Kitab Suci, dan kreativitas. Setiap peserta mendapat penghargaan berupa sertifikat partisipasi, dan beberapa karya seni yang sangat mencolok juga mendapatkan penghargaan khusus.

Selain kompetisi seni, acara ini juga mencakup sesi pendalaman Kitab Suci yang lebih mendalam. Anak-anak mengikuti ceramah singkat yang membantu mereka memahami cerita-cerita Kitab Suci dalam konteks iman dan nilai-nilai keagamaan. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa seni dan pendalaman Kitab Suci saling melengkapi.

Lomba Menggambar & Mewarna Anak SEKAMI A pada tahun ini menghasilkan beragam karya seni yang menginspirasi. Setiap gambar dan warna mencerminkan pemahaman anak-anak tentang Kitab Suci dan pesan-pesan agama. Mereka juga mengungkapkan imajinasi dan bakat mereka dalam berbagai gaya seni.

Sebagai contoh, beberapa peserta menggambar Yesus sebagai pemberi kasih yang berbelas kasih, sementara yang lain menggambarkan keajaiban-keajaiban Yesus dalam detail yang mengesankan. Ada juga karya seni yang menggambarkan berbagai karakter dari Kitab Suci dengan ceria dan kreativitas yang tinggi. Semua karya seni ini menjadi saksi dari bagaimana pendalaman Kitab Suci dapat memengaruhi dan menginspirasi kreativitas anak-anak.

Acara ini juga memberikan inspirasi kepada para pendidik dan pengelola acara tentang sejauh mana pendalaman Kitab Suci dapat memengaruhi pemahaman dan imajinasi anak-anak. Ini adalah pengingat bahwa proses pembelajaran agama tidak hanya melibatkan pemahaman konsep-konsep, tetapi juga ekspresi kreatif yang memungkinkan anak-anak untuk merasakan iman mereka dengan lebih mendalam.

Lomba Menggambar & Mewarna Anak SEKAMI A adalah salah satu cara yang luar biasa untuk menggabungkan pendalaman Kitab Suci dengan kreativitas anak-anak. Ini adalah pengalaman yang mendalam dan berharga bagi mereka, yang memungkinkan mereka untuk merasakan pesan-pesan agama dengan cara yang kreatif dan ekspresif. Acara ini juga menjadi ajang bagi mereka untuk berkolaborasi, berkembang, dan merayakan kreativitas mereka.

Melalui lomba ini, anak-anak SEKAMI A di Gedung Aula Serba Guna Hua Ind telah menunjukkan betapa pentingnya menggali potensi kreatif mereka dalam rangka pendalaman Kitab Suci. Karya-karya mereka menginspirasi kita semua untuk mengambil inspirasi dari anak-anak ini dan membawa pendalaman Kitab Suci ke dalam aspek-aspek lain dalam kehidupan kita.

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

image
parokiblimbing.org

parokiblimbing

Digital Pastoral

  • Lensa Paroki

    Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani

  • Katekese

    Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani

  • Komunitas

    Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani

Legal

© 2024. Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani.