Rekoleksi Misdinar 2023: Memperkuat Iman, Pelayanan dan Kepeduliaan

Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani
Bagikan Postingan

Dalam upaya memperdalam iman dan memupuk semangat pelayanan, Misdinar Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani Blimbing Malang menyelenggarakan acara Rekoleksi Misdinar yang berlangsung selama 2 hari di Villa Argopuro Lawang. Acara ini bertujuan untuk merefresh kembali pengetahuan dan pemahaman tentang liturgi serta memberikan pelayanan dan kepedulian kepada para lansia di Panti Werdha Pangesti LKS-LU Pangesti.

Hari pertama rekoleksi dimulai dengan pembahasan dan pembaruan materi tentang Liturgi. Para Misdinar diajak untuk mengingat kembali tugas dan tanggung jawab mereka dalam mendukung perjalanan Misa, mulai dari mempersiapkan peralatan misa hingga memahami ritus-ritus yang dilakukan. Selain itu, mereka juga mempersiapkan pertunjukan khusus yang akan diberikan kepada para lansia di Panti Werdha Pangesti LKS-LU Pangesti.

RP. Bertolomeus Agustinus Soko Kowe, CDD., sekalu Pastor Rekan Paroki yang memberikan materi Liturgi secara langsung guna Misdinar dapat mengetahui lebih lanjut tugas dan tanggung jawab dalam panggilan pelayanan Gereja serta meningkatkan solidaritas dalam pelayanan Misdinar maupun individu masing-masing dari mereka. Setelah materi diberikan, mereka diberikan waktu berupa jam bebas agar Misdinar dapat merenungkan materi yang telah diberikan kemudian merefleksikan diri mereka guna lebih memantapkan serta mematangkan diri mereka dalam pelayanan Gereja sebagai Misdinar.

Hari kedua rekoleksi diisi dengan kegiatan sosial dan kunjungan ke Panti Werdha Pangesti LKS-LU Pangesti. Para misdinar mengunjungi panti jompo dengan penuh kepedulian dan kehangatan. Mereka memberikan hiburan, seperti pertunjukan seni, musik, atau tarian, untuk menghibur dan mengangkat semangat para lansia yang tinggal di sana. Selain itu, mereka juga melaksanakan bakti sosial dengan memberikan perhatian dan kebersamaan kepada para lansia, mengobrol, dan mendengarkan cerita mereka.

Setelah melaksanakan bakti sosial di panti jompo, Misdinar kembali menuju rumah villa untuk beristirahat dengan melakukan beberapa permainan yang telah dipersiapkan. Selain beristirahat & menghibur diri mereka, permainan tersebut juga memiliki manfaat bagi Misdinar untuk membangun kembali solidaritas serta kepekaan agar semakin matang dan mantapĀ dalam tugas dan tanggung jawab panggilan pelayanan Gereja.

Kemudian rekoleksi ini ditutup dengan misa penutupan yang khusus diadakan untuk merayakan kesuksesan acara rekoleksi dan juga untuk melantik kepengurusan Misdinar yang baru di tahun 2023. Misa ini menjadi momen pengucapan syukur atas kesempatan untuk melayani dan berbagi kasih kepada sesama, serta untuk memohon berkat dan petunjuk Tuhan dalam pelayanan mereka ke depannya.

Rekoleksi Misdinar memberikan kesempatan yang berharga bagi para misdinar untuk memperkuat iman mereka, meningkatkan pengetahuan tentang liturgi, dan mengaktualisasikan pelayanan dalam bentuk nyata dengan mengunjungi dan membantu para lansia di panti jompo. Acara ini juga menjadi momentum untuk memperkuat ikatan dan solidaritas antara para misdinar serta melibatkan mereka secara aktif dalam kegiatan gereja dan masyarakat.

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *